Orang sering mengacaukan pengertian iklan dan promosi. Malah sering pula menjadi lebih kacau bila digalau dengan pengertian publicity dan public relation. Keempatnya memang mempunyai dasar yang sama, yaitu komunikasi, tetapi masing-masing mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda.
Iklan adalah suatu upaya jangka panjang yang mengkomunikasikan theme. Promosi adalah upaya jangka pendek yang lebih menitikberatkan pada scheme. Iklan biasanya merupakan sarana yang ampuh untuk membangun citra suatu produk dan memberikan info tentang mutu dan manfaatnya berdasarkan suatu theme yang direncanakan secara terinci.
Iklan secara pasti merasuk ke dalam benak khalayaknya. Bila ada iklan dari produk sejenis, khalayak akan membandingkannya dengan pengetahuannya tentang produk terdahulu yang dikenalnya. Sehingga pada suatu saat, ketika ia memerlukan produk itu, ia sudah lebih bijaksana untuk memilih merk mana yang lebih sesuai untuknya.
Sifat iklan yang sedemikian itu memang berbeda dengan promosi. Promosi merupakan suatu upaya jangka pendek untuk menumbuhkan kebutuhan. Promosi merupakan suatu akselerator penjualan yang barangkali dapat disamakan dengan proses doping dalam dunia olahraga. Dengan cara ini, dalam waktu singkat terjadi lonjakan prestasi, tetapi sesaat kemudian merosot lagi.
[Bondan Winarno, Seratus Kiat: Jurus Sukses Kaum Bisnis, bab Sekali Lancung ke Ujian, hal. 83]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar